Minggu, 14 Juni 2015

Operating System - Dual Boot [Linux Mint 17.1 (Wine)]

Hello! 

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengeksekusi software dan aplikasi untuk Windows di LInux yang sudah diinstall pada kesempatan lalu.

Melakukan eksekusi pada aplikasi berekstensi .exe (Windows) pada Linux Mint dilakukan dengan menggunakan software bernama Wine.

"Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windowsyang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib." - http://id.wikipedia.org/wiki/Wine_(perangkat_lunak)

Cara menginstall Wine ada dua cara yaitu:
1. Melalui Software Center

2. Melalui terminal dengan langkah:
a. Buka terminal kemudian masuk ke super user, lalu ketik apt-get install wine


b.   Ketikkan apt-get install wine


c. Tunggu hingga selesai install, kemudian pada menu akan terlihat logo wine yang sudah terinstall


d.  Cari sebuah aplikasi yang berekstensi .exe. contoh: screenrecorder.exe


e.  Klik kanan, pilih open with Wine Windows Program Loader


f. Pada kotak setup, klik yes.




g. Klik yes pada kotak berikut untuk melankutkan proses instalasi




h. Cek pada kotak setup seperti pada gambar di bawah, dimana folder instalasi akan dibuat. Perhatikan ukuran ruang kosong yang dibutuhkan. Jika sudah, klik next.



i. Pada kotak seperti gambar di bawah, beri tanda centang pada tulisan don't create a start menu loader jika tidak menginginkan aplikasi ini untuk muncul pada start menu. Jika ingin, lewati saja dan langsung klik next.



j. Pada kotak setup seperti gambar di bawah, tentukan apakah akan dibuat shortcut pada desktop setelah selesai menginstall atau tidak. Jika sudah, klik next.



k. Data yang telah dibuat tadi akan muncul. Jika yakin tidak ada yang perlu dirubah, langsung klik Install.


l. Installasi telah selesai dilakukan, klik finish.


m. Screen recorder bisa digunakan seperti biasa


Sekian post saya kali ini, semoga bermanfaat dan maaf jika ada kekurangan baik dalam cara penyampaian maupun hal-hal  yang belum dijelaskan atau pun tersampaikan. Silahkan tambahkan kekurangan saya pada kolom komentar.

Terimakasih, Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar